Kamis, 20 Februari 2014

Pengenalan Dasar OOP JAVA

Kali ini saya akan mencoba membahas sedikit mengenai istilah dalam bahasa pemrograman didalam JAVA yaitu OOP. 
OOP sendiri adalah suatu metode pemrograman yang orientasinya ke objek. Degang dibuatnya metode OOP ini diharapkan dapat mengembangkan sebuah program yang mengikuti berbagai model dalam kehidupan. Didalam OOP sebuah objek dapat dipecah-pecah dalam objek-objek yang lebih kecil lagi atau dengan katalain penyederhanaan objek. Agar mempermudah menyelesaikan sebuah permasalahan. Didalamnya juga pembuat juga harus mendefinisikan berbagai tipe dana struktur data, dan diobjeknya juga memiliki fungsi-fungsi dan data untuk sebuah metode dalam OOP. Dan salah satu kelebihan dari metode OOP ini adalah objek yang dibuat dapat berkomunikasi dengan objek lainnya.
Dan hal yang terpenting dalam konsep OOP ini adalah adanya beberapa konsep yang harus dipahami diantaranya:
1.Object
Objek sendiri adalah sebuah eleman dasar dalam sebuah program. Dan hal dasar yang dimiliki dalam sebuah objek adalah nama objek itu sendiri. Untuk mengenal sebuah objek atau tidak kita harus embuat nama untuk objek tersebut. Belum lagi jika objek tersebut akan memiliki sifat yang saling berkomunikasi. Contoh Objek dalam dunia nyata adalah mobil, rumah dan lainnya.
2.Class
Berbeda dengan objek kelas merupakan gambaaran abstrak dari sebuah data atau objek, jika sebuah objek adalah rumah maka kelasnya adalah suatu cetak biru atau blueprint itu sendiri untuk mencetak sebuah objek dicontohkan dalam rumah adalah susunan ruangan kamar tidur penempatan dan penentuan letak ruangan dan lainnya sehingga bila itu disatukan akan tercipta sebuah kelas. Didalam kelas sebuah strukturnya dapat didefinisikan seperti penentuan sifat, method dan lain sebagainya.
3.Method
Kemudian Method dapat berupa sebuah prosedur yang dikenakan untuk sebuah objek yang dapat disyaratkan atau digunakan untuk objek, juga sebuah tindkan yag dapat dieksekusi oleh objek itu. Seperti jika sebuah mobil bagaiman mobil itu akan dijalankan, dinyalakan, di matikah mesin, direm dan yang lainsebagainya.
4.Enkapsulasi
Sebuah gambaran singkat dari sebuah kelas atau interface tunggal. Kita tidak perlu harus mengetahui apa saja dalam sebuah kelas termasuk berbagai hal rinci didalamnya. Dengan konsep ini kita sudah bisa menggunkan objek kelas tertentu. Yang disedikan di konsep enspakulasi ini adalah antarmuka fungsi dari sebuah kelas tanpa harus tahu detail yang diproses dalam kelas tersebut.
5.Inherintance
Sebuah kelas juga dapat mewarisi sifat untuk kelas lainnya. Dengan konsep ini kita juga dapat memberikan sifat-sifat yang sama atau berbeda pada kelas lainnya tanpa harus menulis ulang kode kelas tersebut.
6.Polimorfisme
Sebuah tampilan interface yang sama dari sebuah objek namun cara penggunaannya yang berbeda dalam sebuah pengeksekusian.Konsep ini dapat melakukan sebuah tampilan sebuah objek yang sama namun jika dieksekusi prosesnya akan bisa juga berbeda dari tampilannya. Juga sebuah konsep dimana objek dapat menentukan metode mana yang akan digunakan sendiri juga tergantung bagaimana posisi letak objek itu dalam jenjang pewarisannya.
by:Hamzah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar