Jumat, 25 April 2014

Server,Router, Swicth, HUB,dan Jaringan Nirkabel

Router adalah sebuah alat yang berfungsi untuk megirimkan paket data melalui media jaringan. Sedangkan fungsi dari router itu sendiei adalah untuk menghubugkan beberapa jaringan ataupun network sehingga dapat mencapai tujuan yang sama yaitu komunikasi antar komputer dengan bertukar paket data.

Sedangkan switch adalah penghubung antar alat  sehingga membentuk LAN. Perbedaaannya ada pada fungsi jika swicth adalah membentuk jalan sedangkan router sebagai penghubung jalan itu.

Sedangkan HUB adalah alat penghubung antar komputer. Biasanya hub digunakan untuk menyambung beberapa komputer secara grup lokal yang sama. Cara kerjanya ketika ada paket data yang masuk melalui pintu port maka paket tersebut akan tersalin secara sama sesuai dengan hub yang terhubung ke yang lainnya.

Server adalah sebuah sistem komputer yang menyediakan layanan tertentu dalam sebuah jaringan komputer yang saling terkoneksi. Sedangkan prosesor dari server sendiri bersifat scalable dan dilengkapi dengan RAM yang cukup besar dan tentunya server juga memiliki sistem operasi tersendiri yang biasa disebut dengan sistem operasi jaringan.


Jaringan nirkabel adalah sebuah jalan komunikasi antar komputer tanpa menggunkan kabel. Kalau di era sekarang kita sering menyebutnya Wifi. Teknologi ini biasanya mendukung penggunaan gelombang radio, dan infra merah. Salah satu penggunaan mencolok  adalah cara berkomunikasi tanpa kabel dengan bluetooth.
Baca tentang jaringan lainnya disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar