Jumat, 04 April 2014

Protokol jaringan

Komunikasi antar protokol terjadi hanya antar layer. Sedangkan konflik terjadi ketika ada 1 jaringan ada 2 IP yang sama. Ada beberapa jenis jaringan berbasis protokol TCP/IP
HTTP, FTP,SMTP, TELNET, DNS, dan HTTPS.

Saya akan ulas satu persatu yang pertama HTTP:
Protokol ini digunakan untuk mentransfer data dalam format plaintext, hyprtext, audio, video, dan lainnya. Protokol jenis ini sangat cocok untuk menampilkan text. Oleh karena itu mengapa sangat mudah penampilan text pada penggunaan HTTP. Jika ada video pun itu biasanya harus menggunakan plugin khusus untuk menyetel format video pada http.

Cara kerjanya: Jika ada request maka segera mungkin server akan memproses permintaan client. 
penyususnan http seperti berikut:


Biasanya penulisan http://www.google.com:80/1014/04

Untuk angka 80 itu adalah port yang sering digunakan tetapi jika menggunkan port 80 tidak apa-apa jika tidak menulisakannya. Tetapi jika ada sebuah server yang menggunkan port 8080 itu harus menuliskannya untuk bisa mengaksesnya. Sedangkan dibagian belakang itu kita sebut sebagai sub direktori atau sub folder. Perlu anda ketahui juga jika sub folder ini juga ada yang didepan contoh adalah siamik.upnjatim.ac.id. Tulisan siamik itu adalah sub foldernya. 
FTP adalah protokol standart yang disediakan oleh TCP/IP sebagai protokol untuk copy file dari satu host ke host lainnya. Pada dasarnya protokol FTP ini sebagai media untuk pengiriman berkas atau file-file. Pada awal pengembangannya FTP ini lebih sering digunakan untuk download file. Format FTP adalah ftp://namaserver  
SMTP protokol yang dapat dipergunakan untuk mengirim e-mail ke suatu tujuan yang sudah ditentukan.
Layanan SMTP
- Untuk mengirimkan satu pesan ke satu atau banyak penerima.
- Untuk mengirimkan pesan termasuk teks, suara, video, dan grafik.
DNS adalah sebuah rule aturan yang dipergunakan untuk pencarian nama komputer di sebuah jaringan yang menggunakan TCPI/IP . Biasanya DNS itu dapat membantu memetakan sebuah host komputer tanpa harus tahu IP nya.

TELNET sebuah protokol jaringan yang menyediakan fasilitas komunikasi berbasis teks secara dua arah dengn mesin virtual. Salah satu fungsinya adalah dapat meremote komputer melalui suatu jaringan melalui CMD. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar