Kamis, 20 Maret 2014

Jaringan komputer dan pengertiannya

Sebuah Sistem yang terdiri dari minimal 2 buah mesin komputer untuk saling berbagi informasi, Sumber daya dan lainnya. Sedangkan tujuan dari jaringan komputer adalah untuk tujuan kepentingan pihak pengguna seperti berbagi informasi atau sarana berkomunikasi. Terdiri dari pihak server yang biasa disebut pihak pemberi layanan terus pihak client yang menerima layanan tersebut. Kalau dilihat dilihat dari jangkauan geografis, jaringan komputer dibagi menjadi 3 cakupan yang pertama biasa kita sebut dengan LAN, kedua MAN, dan yang ketiga WAN. Saya akan bahas satu persatu dibawah:

LAN atau biasa disebut Local Area Network
LAN kategori lan termasuk jaringan komputer yang mencakup wilayah yang kecil. Contoh didalamnya jaringan komputer dalam ruangan, gedung, ataupun kantor. Teknologi LAN yang sekarang sudah berkembang pesat ada juga yang berupa wifi yang biasanya kita sebut area yang teradapat LAN jenis ini adalah Hotspot.
MAN Singkatan dari Metropolitan Area Network      
Man termasuk suatu jaringan yang mencakup wilayah kota yang biasanya jarinag ini menghubungkan antara satu gedung ke gedung lain. Contoh jika disurabaya ada di dekat jalan kayoon. Ciri khas dari gedung yang menjadi pusat jaringan MAN di kota adalah gedungnya banyak sekali terdapat Tower dan kabel sinyal yang melintang. Biasanya paling pendek berjarak 10 km dan paling jauh kira-kira 50 km.
WAN atau WIDE AREA NETWORK
Jaringan yang mencakup wilayah antar negara yang sangat luas hampir diseluruh dunia sudah menggunakan jaringan ini. Biasa kita gunakan adalah media Internet  termasuk dalam jaringan ini. Tujuannya sama yaitu berbgai informasi ataupun sarana berkomunikasi dan yang lainnya.

Topologi jaringan
BUS
Topologi ini termasuk dari yang banyak digunakan. Termasuk dari kelebihan topologi ini adalah cocok untuk penggunaan mesin yang sedikit yang bisa mempercepat komunikasi. Jika mesin banyak maka keefektifannya berkurang. Kekurangannya adalah jika salah satu kabel dari jaringan yang menghubungkan itu putus maka akan mematikan yang lainnya juga.

Topologi Bintang
Topologi ini mengharuskan satu atau lebih mesin untuk menjadi pusat pertukaran data atau informasi yang selanjutnya diakses dari banyak komputer lainnya. Dalam kenyataannya meski tidak harus berbentuk bintang persis istilah seperti ini dapat juga digolongkan jenis topologi jaringan star. Kelebihannya adalah jika terjadi kerusakan pada salah satu salurannya maka hanya akan mempengaruhi saluran yang dilaluinya saja dan tidak sampai menyebar ke saluran lainnya. Akses kontrol pada jaringan ini terpusat sehingga mudah untuk penggunaan lalu lintas jaringan yang sibuk sekalipun.

Topologi Cincin
Topologi ini memiliki konstruksi seperti cincin yang pada intinya setiap satu mesin terhubung ke mesinlainnya dengan 2 buah kabel setiap mesinnya yang mengharuskan setiap mesin memiliki 2 buah lubangh kabel. Dan saling membentuk jalur berbentuk melingkar. Kelebihan adalah mudah sekali untuk perancangan topologi jenis ini, dan memiliki keakuratan dan kecepatan lebih dibanding dengan topologi BUS.

Itu tadi sedikit materi pertemuan kedua
by:Hamzah



Tidak ada komentar:

Posting Komentar